Cara Mengobati GERD secara Alami

Cara Mengobati GERD secara Alami – Gerd adalah asam lambung kronis dimana penderita mengalami gejala lebih dari dua kali dalam seminggu.

Cara Mengobati GERD secara Alami

Gerd terjadi ketika katup yang terdapat diantara Kerongkongan dan lambung tidak bekerja dengan baik atau melemah. Normalnya, makanan yang masuk ke lambung akan melalui katup yang secara otomatis membuka dan menutup kembali untuk mencegah asam naik atau keluar dari lambung. Namun jika katup ini melemah, maka risiko asam lambung naik meningkat.

Gerd ataupun penyakit asam lambung sebaiknya tidak boleh diabaikan, karena jika dibiarkan tanpa pengobatan kedua kondisi ini bisa berbahaya. baca juga: Bahaya asam lambung

Untuk mencegah kondisi yang lebih buruk dari Gerd dan asam lambung, sebaiknya anda mencoba melakukan pengobatan dengan cara alami.

Pengobatan Gerd secara alami umumnya lebih aman, mudah, murah, dan bahkan cukup efektif jika dilakukan secara rutin dan teratur.

Namun sebelum ke pengobatan, sebaiknya anda juga melakukan perubahan gaya hidup yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan GERD secara alami.

Perubahan gaya hidup

1. Menghindari makanan pemicu asam lambung

Dengan menghindari atau mengurangi jenis makanan tertentu seperti makanan pedas, berlemak tinggi, bersifat asam, dan makanan pemicu lainnya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Beberapa contoh makanan tersebut diantaranya; gorengan, bakso, nasi goreng, saus pedas, buah jeruk, rendang, dsb. baca juga: Makanan penyebab asam lambung

2. Menjalani pola makan yang baik

Makan berlebihan atau makan terlalu cepat dapat memicu kadar asam lambung meningkat. Selain itu, terlalu banyak minum saat makan juga dapat menggangu proses pencernaan makanan di dalam lambung. Oleh sebab itu, ubah pola makan anda jika hal ini menyebabkan asam lambung anda memburuk.

3. Menurunkan berat badan

Memiliki terlalu banyak lemak perut dapat meningkatkan tekanan di perut hingga LES/katup terdorong ke atas, kondisi ini dikenal sebagai hiatus hernia. Hiatus hernia adalah alasan utama orang gemuk dan wanita hamil sangat berisiko tinggi mengalami asam lambung naik. Sehingga dengan menurunkan berat badan berlebih dipercaya bisa meredakan gejala dan mengurangi risiko asam lambung mendatang.

4. Diet rendah karbohidrat

Para ilmuwan menduga bahwa karbohidrat yang tidak tercerna dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan tekanan yang tinggi di dalam perut. Terlalu banyak karbohidrat yang belum tercerna dalam sistem pencernaan juga dapat memicu gas dan perut kembung. Oleh sebab itu, melakukan diet rendah karbohidrat dipercaya dapat membantu mengurangi gejala asam lambung, akan tetapi hal ini perlu bukti lebih lanjut. baca juga: Roti tawar untuk asam lambung

5. Menghindari alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat memperburuk gejala dengan meningkatkan kadar asam lambung, melemahkan sfingter esofagus bawah, dan merusak kemampuan kerongkongan untuk membersihkan dirinya dari asam. Jika Anda menderita GERD, membatasi asupan alkohol dapat membantu meringankan gejala anda.

6. Jangan terlalu banyak minum kopi

Beberapa penelitian percaya bahwa kafein pada kopi dapat melemahkan katup/sfingter esofagus bawah. Adapun menurut salah satu penelitian membuktikan bahwa selain kafein, senyawa tertentu pada kopi juga dapat memperburuk gejala asam lambung. Maka dari itu, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi kopi atau produk yang mengandung kafein.

7. Mengunyah permen karet

Menurut beberapa penelitian, permen karet bikarbonat sangat efektif untuk mengurangi gejala asam di kerongkongan. Penelitian tersebut menujukan bahwa permen karet meningkatkan produksi air liur yang dapat dapat membersihkan kerongkongan dari asam. Jika anda ingin mencobanya, gunakanlah permen karet bikarbonat yang bisa anda dapatkan di apotek, bukan permen karet dengan rasa mint.

8. Hindari bawang mentah

Bawang mentah dapat memicu asam lambung naik hingga menimbulkan gejala mulas dan sering bersendawa. Hal tersebut mungkin karena tingginya serat fermentasi yang terkadung pada bawang. Selain itu, bawang mentah juga dapat menguiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan mulas memburuk. Jika anda merasa gejala memburuk setelah makan bawang, sebaiknya hentikan pengonsumsiannya.

9. Batasi minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi dikaitkan dengan peningkatan gejala GERD. Selain melemahkan sfingter esofagus bagian bawah, gas karbon dioksida dalam minuman bersoda juga dapat membuat seseorang mengalami perut kembung dan sering bersendawa. Untuk itu, batasi jenis minuman ini dan perbanyaklah minum air putih yang lebih bermanfaat untuk asam lambung anda.

10. Pertimbangkan makan cokelat

Larangan untuk mengonsumsi cokelat bagi penderita asam lambung masih belum sepenuhnya jelas. Salah satu penelitian menunjukan bahwa coklat dapat meningkatkan produksi asam di lambung, namun hal ini butuh penelitian lebih lanjut. Bagaimanapun, jika cokelat membuat gejala anda memburuk sebaiknya hindari.

11. Tinggikan kepala tempat tidur anda

Kebiasaan tidur dengan posisi terlentang dapat memicu asam lambung naik dengan mudah sehingga gejala seringkali mengganggu tidur anda. Sementara itu, dengan meninggikan bagian atas kepala anda dapat mencegah asam lambung naik karena pengaruh dari gravitasi.

12. Jangan makan sesaat sebelum tidur

Menurut sebuah penelitian, makan sesaat sebelum tidur dapat meningkatkan gejala asam lambung naik saat sedang tertidur. Baik itu orang sehat ataupun penderita GERD, mengonsumsi makanan sesaat sebelum tidur memang tidak dianjurkan karena dapat menganggu sistem pencernaan.

13. Kelola stres anda

Menurut sebuah studi, stres dikaitkan dengan risiko asam lambung naik. Hal tersebut karena selain meningkatkan tekanan darah, stres juga menyebabkan otot lambung berkontraksi yang dapat mendorong isi perut atau asam lambung menuju LES, hingga menimbulkan gejala asam lambung. Oleh sebab itu, meluangkan waktu untuk menghilangkan stres dapat membantu mengatasi asam lambung anda. baca juga: Alasan kenapa stres sebabkan asam lambung

Cara Mengobati GERD secara Alami

1. Menggunakan almond

Kacang almond dipercaya dapat bermanfaat untuk penderita GERD, hal ini karena di dalamnya terdapat sifat alkali yang dapat menyeimbangkan kadar pH dalam perut. Oleh sebab itu, mengonsumsi almond setiap hari mungkin dapat membantu mengelola GERD yang anda alami.

2. Menggunakan daun cincau

Daun cincau dapat membantu meredakan gejala GERD dengan memberikan efek mendinginkan perut sehingga lambung terasa nyaman. Cara mengolah daun cincau untuk asam lambung juga cukup mudah,  anda hanya meremas-remas daun cincau dalam wadah berisi air lalu saring ampasnya dan minum air perasannya.

3. Menggunakan kunyit

Kunyit telah digunakan selama bertahun-tahun dalam pengobatan tradisional. Salah satu manfaat kunyit adalah membantu mengobati GERD. Kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang dipercaya dapat bermanfaat terhadap peradangan pada kerongkongan atau lambung akibat paparan asam. Caranya mengolahnya hampir sama dengan daun cincau, anda hanya perlu memarut kunyit lalu ambil sari parutan kunyit dan tuangkan ke dalam gelas berisi air secukupnya, jika anda belum terbiasa dengan rasanya, tambahkan sedikit gula merah pada ramuan obat gerd. baca selengkapnya disini: Cara mengobati asam lambung dengan kunyit

PERLU DIGARIS BAWAHI

Pengobatan dengan bahan alami diatas belum terbukti efektif mampu mengobati gerd, karena perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini.

Namun jika anda sudah melakukan berbagai pengobatan tapi asam lambung tidak kunjung sembuh atau sering kambuh, sebaiknya lakukan pengobatan dengan mencoba mengonsumsi qnc jelly gamat.

Apa itu QnC Jelly Gamat?

Cara Mengobati GERD secara Alami

QnC Jelly Gamat adalah solusi masalah pencernaan anda.

QnC Jelly gamat sendiri merupakan produk herbal multikhasiat yang terbuat dari 100% bahan alami yaitu extract teripang emas. Di dalamnya terdapat berbagai kandungan gizi dan senyawa alami yang sangat bermanfaat untuk masalah pencernaan.

Cara Mengobati GERD secara Alami

Cara Mengobati GERD secara Alami

Cara Mengobati GERD secara Alami

Produk herbal QnC Jelly Gamat sudah memiliki legalitas resmi dari BPOM (POM TR 173301471), terdaftar Dinas Kesehatan (Dinkes P-IRT 109321601291-1229), dan sudah mendapatkan sertifikat HALAL dari MUI.

Oleh sebab itu, anda tidak perlu khawatir akan kualitas dan keamanan produk kami karena sudah terjamin dengan baik.

Untuk informasi harga dan cara pemesanan silahkan klik: QnC Jelly Gamat atau hubungi kami melalui SMS/WA/Telepon di 0822-1430-0463 (INGAT!! Gunakan kode produk = OAL dalam format pemesanannya).

Catatan: produk herbal ini tidak tersedia di apotek manapun dan yang asli hanya bisa anda pesan melalui kami.

baca juga artikel lainnya:

Cara Mengobati GERD secara Alami

About Admin 32 Articles
https://obatasamlambungqnc.web.id adalah situs agen resmi qnc jelly gamat yang menyediakan layanan pengiriman produk hingga ke seluruh Indonesia dengan jaminan uang kembali jika pesanan tidak sampai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*