Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Lambung

 

Pantangan Makanan untuk Penderita Asam LambungPantangan Makanan untuk Penderita Asam Lambung – bagi penderita asam lambung, mengonsumsi jenis makanan tertentu dapat memperburuk gejala asam lambung.

Penyakit asam lambung adalah salah satu gangguan pencernaan yang cukup umum. kondisi ini dapat mengakibatkan sejumlah gejala seperti nyeri ulu hati, sensasi panas di tenggorokan, mual-muntah, perut kembung, dan sebagainya.

jika anda memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih makanan, karena makanan yang anda konsumsi akan mempengaruhi organ lambung secara langsung.

Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Lambung

1. Makanan Pedas

makanan pedas dapat mengiritasi lapisan esofagus dan menyebabkan nyeri ulu hati. jika tetap ingin mengonsumsi makanan pedas, anda dapat mengganti cabai dengan bahan yang tidak lebih pedas, seperti merica, atau mengganti saus cabai dengan saus tomat.

tapi sebaiknya hindari jenis makanan ini supaya penyakit asam lambung yang anda derita bisa sembuh lebih cepat.

2. Makanan berlemak

makanan berlemak dapat memperlambat proses pencernaan sehingga membuat perut buncit dan terjadi peningkatan tekanan yang membuat perut mulas.

beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikurangi dan dhindari diantaranya: alpukat, kacang, keju, daging, keripik, gorengan, kue kering dengan kadar lemak tinggi, brownies, donat, gorengan, daging merah.

3. Minuman beralkohol

minuman beralkohol dapat berisiko menyebabkan asam lambung naik akibat melemasnya otot stingfer esofagus. stingfer esofagus sendiri adalah bagian yang berfungsi untuk mencegah asam lambung naik/keluar dari lambung.

4. Buah atau sayur yang bersifat asam

buah atau sayur yang bersifat asam, seperti: jeruk, lemon, anggur, nanas, atau buah-buahan yang bersifat asam lainnya dapat menyebabkan asam lambung naik. begitu juga dengan tomat atau salad yang ditambahi cuka. oleh sebab itu, sebaiknya anda tidak mengonsumsi buah atau sayur jenis ini, terutama saat perut kosong.

5. Peppermint

peppermint atau jenis makanan dengan rasa menthol sebaiknya tidak dikonsumsi, karena dapat melemaskan otot stingfer esofagus sehingga dapat memicu asam lambung naik.

6. Bawang putih dan bawang bombay

sebagian orang yang menderita penyakit asam lambung mengalami rasa tidak nyaman saat mengonsumsi bawang putih dan bawang bombay, atau makanan olahan yang menggunakan jenis bawang ini.

7. Kafein

kafein dapat terkandung dalam kopi dan teh. sebagian penderita bisa mengalami gejala asam lambung naik dan sebagian lainnya hanya merasakan gejala ketidaknyamanan ketika mengonsumsi jenis minuman ini.

8. Cokelat

sama seperti peppermint dan alkohol, cokelat berisiko menyebabkan asam lambung naik akibat otot stingfer esofagus melemas.

9. Minuman bersoda

minuman bersoda dapat menyebabkan perut kembung sehingga meningkatkan tekanan pada otot sfingter kerongkongan dan menaikkan asam lambung.

10. Makanan yang mengandung banyak gas

buah apel, persik, pir, mangga, plum, asparagus, kubis, seledri, jagung manis, dan brokoli mengandung banyak gas. meski demikian, kandungan serat larut di dalamnya juga dibutuhkan oleh tubuh, jadi jangan menghindari makanan ini, tapi aturlah porsinya.

Selain pantangan makanan, penderita asam lambung juga sebaiknya memperhatikan kebiasaan-kebiasaan  yang dapat memicu naiknya asam lambung, diantaranya:

  • Hindari kebiasaan merokok
  • Hindari beraktivitas berat tepat setelah makan
  • Hindari berbaring setelah makan
  • Hindari makan terlalu banyak atau terlalu cepat
  • Jaga berat badan ideal
  • Posisikan kepala lebih tinggi dari tubuh ketika tidur

jika anda mengalami asam lambung yang tidak kunjung membaik, pengobatan bisa dibantu dengan mengonsumsi Obat Asam Lambung QnC Jelly Gamat. informasi lebih lanjut silahkan klik link tersebut. baca juga: Makanan untuk penderita asam lambung

Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Lambung

About Admin 32 Articles
https://obatasamlambungqnc.web.id adalah situs agen resmi qnc jelly gamat yang menyediakan layanan pengiriman produk hingga ke seluruh Indonesia dengan jaminan uang kembali jika pesanan tidak sampai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*