Refluks Asam dan Paru-Paru

Refluks Asam dan Paru-Paru – Gejala umum asam lambung adalah nyeri ulu hati, sensasi terbakar di dada, perut kembung, dan gejala terkait dengan sistem pencernaan lainnya. tetapi perlu anda ketahui bahwa GERD atau asam lambung kronis juga dapat menimbulkan gejala di luar sistem pencernaan.

Refluks Asam dan Paru-ParuGERD dapat menyebabkan, memicu, atau memperburuk banyak kondisi di paru-paru, termasuk batuk kronis, asma, bronkitis, pneumonia, dan jaringan parut pada paru-paru.

BAGAIMANA ASAM LAMBUNG MEMPENGARUHI PARU-PARU?

Penyakit asam lambung terjadi ketika cairan asam keluar dari lambung, memercik, dan merembes ke dalam kerongkongan atau tenggorokan.

Normalnya, cairan tersebut akan mengalir turun dan ditampung kembali oleh lambung. tetapi ketika ada kesalahan saat menelan, cairan pencernaan dapat tersedot ke dalam trakea, dan masuk ke saluran udara paru-paru, hal ini disebut aspirasi.

Selain bersifat asam, cairan yang diaspirasi mungkin mengandung sekresi, bakteri dan partikel makanan. Aspirasi ini dapat merusak paru-paru dengan menyebabkan peradangan, infeksi dan jaringan parut.

ASMA

Asma dan batuk kronis adalah dua masalah pernapasan umum yang terkait dengan paru-paru. Refluks asam diduga memicu gejala asma dengan dua cara yaitu langsung dan tidak langsung.

Saat aspirasi, partikel asam bisa langsung mempengaruhi tenggorokan untuk memicu napas tersengal-sengal. bahkan tanpa kontak langsung dengan paru-paru pun, refluks asam dapat memicu asma melalui refleks saraf tertentu di esofagus.

Penelitian yang dipublikasikan pada Juni-September “Annals of Thoracic Medicine” menemukan bahwa gejala GERD ada pada 59 persen pasien asma.

BATUK

Sama seperti asma, GERD dapat menyebabkan batuk dengan dua cara, yaitu kontak langsung antara partikel asam dengan saluran udara, dan tidak langsung akibat refleks saraf yang dipicu oleh paparan asam di esofagus. Ketika partikel kecil dari refluks asam memercik ke kotak suara dan saluran udara, ini dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan yang menyebabkan batuk dan suara serak.

ASPIRASI PNEUMONIA

Aspirasi asam lambung dalam jumlah besar dapat menyebabkan luka bakar kimia pada saluran udara dan paru-paru yang menyebabkan pembatasan saluran udara, retensi cairan di paru-paru, dan suatu bentuk pneumonia yang dikenal sebagai pneumonia aspirasi.

Kondisi ini lebih mungkin terjadi pada orang yang memiliki masalah paru-paru, usia lanjut. Gejalanya meliputi demam, penurunan berat badan, dan batuk yang menghasilkan dahak.

Kondisi Pernapasan Lainnya

Pasien dengan radang esofagus akibat refluks asam memiliki risiko sedikit lebih tinggi untuk masalah pernapasan lainnya. Orang-orang Gejala GERD dua kali lebih mungkin mengalami eksaserbasi penyakit paru obstruktif kronik, atau PPOK, daripada mereka yang tidak memilikinya dan dua kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit. Ini juga telah menunjukkan bahwa orang dengan GERD memiliki insiden fibrosis paru idiopatik yang lebih tinggi, atau IPF, penyakit yang menyebabkan jaringan paru menjadi tebal, kaku dan akhirnya tidak dapat berfungsi oleh jaringan parut. Penyebab langsung dari IPF, bagaimanapun, masih belum diketahui.

baca juga:

posted by: obatasamlambungqnc.web.id

Refluks Asam dan Paru-Paru

About Admin 32 Articles
https://obatasamlambungqnc.web.id adalah situs agen resmi qnc jelly gamat yang menyediakan layanan pengiriman produk hingga ke seluruh Indonesia dengan jaminan uang kembali jika pesanan tidak sampai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*